Berita Kegiatan IPM Bantul

Sedikit tentang teologi Al-ma'un


Handed by : Sidiq Wahyu Oktaviano


Teologi Al-Ma’un merupakan dasar utama yang berdiri dan berkembangnya Muhammadiyah dari awal berdiri hingga saat ini. Teologi yang didasarkan pada Al-Quran ini didasari oleh 3 pilar kerja yaitu: feeding, schooling, dan healing. Dari teologi ini lah Muhammadiyah mampu bertahan lebih dari 100 tahun dengan memiliki banyak sekali Amal Usaha. Kiai Dahlan dalam menerjemahkan teologi ini dengan tindakan yang kreatif sehingga Kiai Dahlan sendiri yang mendirikan amal usaha di bidang sosial, kesehatan, dan pendidikan. Dan hingga saat ini Muhammadiyah telah memiliki 170 perguruan tinggi, 2500 sekolah, lebih dari 300 rumah sakit, dan lebih dari 300 panti asuhan. Sungguh angka yang fantastis bagi sebuah organisasi yang memilki begitu banyak amal usaha bahkan di dunia pun tidak ada yg memiliki amal usaha sebanyak ini, keuali Muhammadiyah.

 
Dalam surat AL-Ma’un ini kiai Dahlan menerjemahkan bahwa ibadah bukan hanya hubungan ke atas saja atau hanya sekedar ritual seperti sholat dan lainnya, akan tetapi kiai Dahlan menafsirkan bahwa ibadah itu juga sifatnya horizontal atau ibadah kepada sesame yaitu ibadah kita kepada sesama manusia. Dalam buku Muhammadiyah Berkemajuan di jelaskan bahwa “ Islam tidak menyuruh orang untuk termenung seharian di masjid memutarkan tasbih, tapi Islam ialah perjuangan, islam itu proses, islam itu perjuangan”, ini lah yang menjadi ciri khas Muhammadiyah dengan teologi Al-Ma’unnya, artinya setiap amal usaha yang dimiliki oleh Muhammadiyah merupakan sebuah usaha untuk turut serta dalam memajukan bangsa ini.
Kemudian dari surat Al-Ma’un sendiri sudah dijelaskan dalam ayat pertama menanyakan mengenai orang yang mendustakan agama, kemudian dijelaskan dalam ayat selanjutnya mengenai orang-orang yang mendustakan agama. Maka dalam hal ini jika kita tarik benang merahnya dalam 3 pilar kerja dalam teologi Al-Ma’un pertama mengenai feeding (santunan dan pemberdayaan) dalam hal ini yang dimaksud feeding artinya memberikan kesejahteran sosial bagi seluruh masyarakat tidak memandang perbedaan yang ada, karena Islam adalah rahmatan lil ‘alamin, maka dari itu feeding dalam hal ini selaras dengan arti surat Al-ma’un ayat 3, karena setiap masyarakat berhak untuk hidup sejahtera dan jangan sampai ada orang miskin, karena kemiskinan merupakan salah satu masalah bangsa. Muhammadiyah berkomitmen untuk menumpas kemiskinan yang ada di Indonesia, serta dengan ayat ketiga ini pula berdiri banyak sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah, karena Muhammadiyah ingin mencerdaskan bangsa Indonesia yang semua warganya layak untuk mendapat pendidikan sesuai dengan standar. Kemudian pilar kerja yang kedua yaitu schooling artinya memberikan hal yang layak kepada semua guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera, dalam hal ini selaras dengan surat Al-Ma’un ayat 2 yaitu menghardik anak yatim, dengan landasan ayat kedua ini maka Muhammadiyah memiliki banyak sekali panti asuhan untuk anak yatim yang tersebar di seluruh pemjuru Indonesia. Kemudian pilar kerja yang ketiga ialah healing, dengan semangat Al-Ma’un dalam ayat 3 dan 6 ini yang menjadi landasan semangat kerja, dengan ini pula kiai Dahlan pada masa itu menggandeng Budi Utomo dan Keraton untuk membangun Rumah sakit hingga saat ini telah memiliki lebih dari 300 rumah sakit dan lembaga sosial lainnya.  Oleh karena itu kiai Dahalan menggunakan surat ini menjadi landasan untuk membuat Amal Usaha yang terus berkembang hingga saat ini, karena dalam surat ini dalam ayat 4-6 di jelaskan mengenai orang-orang yang celaka dalam solatnya, dimana, orang yang lalai dalam sholatnya dan orang yang riya’, artinya percuma kita sholat akan tetapi disekitar kita masih banyak orang miskin yang masih susah untuk makan, orang miskin banyak yang belum dapat sekolah, masih melihat anak yatim terlantar begitu saja karena jika kita membiarkan orang yang ada di sekitar kita maka kita juga akan celaka, maka dari itu semangat Al-Ma’un inilah yang mendasari Amal Usaha yang dimiliki oleh Muhammadiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikelola oleh Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan PD IPM Bantul | Desain Template oleh Templateism | MyBloggerLab Copyright © 1435H | 2014M

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.